5 Skill Dasar yang Harus DiMiliki untuk Berkarier di Bidang HR versi LOKERLIKE.id

Ads Google
LOKERLIKE.id | Saat ini kesempatan untuk berkarier di dunia HR  sangat terbuka luas. Entah kamu memilih peran di bidang umum atau menjadi spesialis dalam pelatihan dan pengembangan, banyak cara yang bisa dipilih oleh HR profesional dalam membuat kehidupan yang lebih baik bagi karyawan.

Beberapa perusahaan besar bahkan mempunyai tim HR yang terdiri dari banyak orang dan pastinya mempunyai tanggung jawab masing-masing. Sebelum kamu melamar sebagai tim HRD, yuk cek dulu kemampuan apa saja yang harus kamu kuasai.

5 Skill Dasar untuk Berkarier di Bidang HR


Profesional itu Nomor Satu
Dalam kebanyakan wawancara kerja, kandidat HRD menjawab “Saya ingin bekerja sebagai HRD karena saya sangat menyenangi psikologi manusia dan bersosialisasi”. Tidak ada yang salah memang dengan jawaban tersebut, mengingat bagian HR pasti akan selalu berhubungan dengan karyawan. Namun, nantinya akan banyak kejadian yang tidak begitu menyenangkan yang harus dilaksanakan oleh tim HRD, seperti kedisplinan yang perlu penindakan tegas. Sehingga, untuk menjadi tim HRD yang baik, keprofesionalitasan harus sangat dibutuhkan.

Dapat Bekerja dalam Tim
Banyaknya aktifitas dan pekerjaan yang harus diselesaikan oleh HRD berarti dibutuhkannya teamwork yang  kuat dalam kesehariaannya. Dapat bekerja dalam tim merupakan persyaratan utama yang dibutuhkan dalam tim HRD agar perusahaan mencapai kesuksesan.

Mempunyai Kemampuan Lainnya
Tidak dapat dipungkiri, persyaratan untuk menjadi HRD adalah mempunyai basic education dalam sosiologi dan psikologi atau ilmu lainnya yang mempelajari hubungan antar sesama manusia. Namun, persyaratan lainnya adalah dapat memahami dinamika grup dan dapat memberikan motivasi agar produktifitas meningkat.

Mempunyai Kemampuan Problem Solving
Setiap perusahaan pasti mempunyai masalah berbeda – tidak ada satu organisasi pun yang terbebas dari masalah. Sebagai HR profesional, apakah kamu dapat menganalisa permasalahan apa yang sedang terjadi dan juga dapat memberikan solusi? Merupakan suatu tantangan  tersendiri bagi tim HR untuk mengatasi masalah tersebut dan tetap kuat menghadapinya.
Mampu Menjaga Rahasia
Selain mempunyai informasi mengenai gaji setiap karyawan, tim HR juga bisa mengetahui apa saja rencana perusahaan di masa depan. Menjadi seorang HR profesional dibutuhkan integritas yang tinggi dan juga dapat menjaga rahasia perusahaan.

Pendidikan Juga Penting
Terakhir, walaupun background pendidikan kamu di bidang bisnis, sosiologi atau ilmu sosial lainnya, kamu dapat menjadi bagian dalam tim HRD. Banyak posisi yang ditawarkan di bidang HRD, bahkan nantinya, dengan pelatihan yang tepat disertai dengan pengalaman, kamu bisa mempunyai karier yang cemerlang di bidang HRD.

BACA JUGA : 10 Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan


Semoga anda para kawan-kawan dapat menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan harapan Anda, jika informasi  diatas bermanfaat Bagi anda,kami mohon dukungan dari kawan-kawan untuk dapat menyebarkan informasi ini melalui tombol MEDIA SOSIAL seperti  GOOGLE+, FACEBOOK,  TWITTER, dan LINKEDIN yang ada di bawah agar informasi ini tersebar luas dan dapat diketahui oleh orang-orang yang membutuhkan info lowongan pekerjaan.